Kandungan Gizi Makanan Kacang Tanah

Kacang tanah adalah tanaman yang digolongkan kedalam jenis kelas polong-polongan. Kacang tanah memiliki nama latin yaitu Arachis Hypogaea Legum lalu merupakan tanaman yang telah banyak dilestarikan di Indonesia. Kacang tanah memiliki kaitan yang erat pada mitos berjerawat, mitos tersebut menyatakan jika mengkonsumsinya akan memunculkan banyak jerawat di wajah si pemakan kacang tanah.

Kandungan Gizi Makanan Kacang Tanah


Suatu penelitian yang dikerjakan oleh Academy of Dermatology mengungkapkan bahwa orang yang mengkonsumsi kacang tanah tak ada hubungannya dengan munculnya jerawat di wajah atau bagian tubuh lain. Penelitian itu juga sudah membuktikan bila mengkonsumsi makanan yang banyak sekali mengandung karbohidrat serta kadar gula ialah pemicu tumbuhnya jerawat. Tidak hanya digunakan sebagai komponen tuk membikin aneka kue, kacang tanah pun memiliki manfaat bagi kesehatan. Didalamnya ada kandungan vitamin A, Bkompleks, E, K, fosfor, zatbesi, kolin, kalsium, letsitin, serta kolin. Disamping itu juga punya kandungan protein yang lebih tinggi bila dibandingkan dengan kandungan protein kepada daging dan telur.

Kandungan Gizi dan Manfaat Makanan Kacang Tanah

Berikut ini bakal dijelaskan tentang kandungan nutrisi kacang tanah serta manfaatnya yang akan diterima oleh tubuh anda.

  1. Mengurangi Resiko Kena Penyakit Jantung. Kacang tanah memiliki kandungan antioksidan, lemak tak jenuh tunggal, dan asam oleat. Kandungan itu berfungsi tuk menurunkan resiko terkena serangan jantung serta kardiovaskular.
  2. Mencegah juga Menghambat Pertumbuhan Sel Kanker. Zat Fitoserol yang terkandung didalam kacang tanah memiliki fungsi tuk mencegah serta menghambat pertumbuhan dari sel kanker didalam tubuh.
  3. Meningkatkan Daya Ingat. Kacang tanah adalah satu dari banyak makanan yang punya nutrisi tuk otak (makanan otak) mengingat di dalamnya ada kandungan vitamin B3 atau biasa disebut dengan nama niacin. Kandungan itu berfungsi tuk meningkatkan daya ingat juga menyehatkan otak.
  4. Mempercepat Penyerapan Gula Darah. Didalam 1/4 cangkir kacang tanah ada kandungan 35% asupan nutrisi yang dibutuhkan tubuh seperti mangan dan mineral yang memiliki peran tuk proses metabolisme karbohidrat, kalsium, dan lemak serta membantu penyerapan maupun tahap-tahap regulasi gula darah.
  5. Mengontrol Kadar Kolesterol. Mengkonsumsi kacang dengan porsi yang baik bisa membantu mengontrol kadar kolesterol didalam tubuh, secara meminimalisasi kolestrol jahat serta meningkatkan kolesterol baik ada didalam tubuh.

Kacang tanah sungguh memiliki manfaat yang baik tuk kesehatan tubuh. Tapi bagi orang yang derita penyakit kanker usus serta asam urat musti mengonsultasikan lebih dulu dengan dokter menjelang mengonsumsinya supaya tidak terjadi masalah serius di kemudian hari.



Previous Posting Lebih Baru
Kandungan Gizi Makanan Kacang Tanah